Sabtu, 20 Agustus 2011

Bulan Imunisasi Anak Sekolah


Dinas Kesehatan melakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bagi anak sekolah.  Pemberian vaksin ini dimaksudkan agar anak nantinya tak rentan terhadap berbagai penyakit seperti Campak, Dipteria (DPT), Tetanus (TT).



Pemberian imunisasi ini merupakan booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, dimana saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai turun, Pemberian vaksin ini juga harus kita awasi agar tidak terjadi masalah akibat pemberian vaksin tersebut
Sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak-anak Sekolah Dasar kelas 1 hingga IV. Untuk kelas I adalah imunisasi campak, kelas II adalah imunisasi DT (Dipteria), sedangkan kelas III dan IV adalah TT ( Tetanus). Pelaksanaan bulan BIAS ini dilakukan setiap satu tahun sekali setiap bulan November. Pemberian imunisasi ini dilakukan oleh para petugas dari Puskesmas setempat.
Pemberian vaksin ini tidak mengalami kendala di lapangan mengingat sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat khususnya para orang tua. Orang tua tidak keberatan anaknya diberi imunisasi tambahan meskipun amak sehat, namun jika anak dalam kondisi sakit tidak kita imunisasi agar tak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan katanya. Jikalau ada anak yang tak masuk pada waktu pemberian vaksin maka pihaknya sudah mengantisipasinya dengan menganjurkan anak untuk diberi vaksin di Sekolah Dasar lain jika ada jadwal atau diantarkan ke Puskesmas terdekat.
emberian imunisasi ini ternyata sangat efektif mencegah penyakit tersebut, bahkan PBB sendiri secara khusus memandang perlu pemberian vaksin ini bagi anak-anak di seluruh dunia. Sehingga lembaga ini lewat WHO dan Unicef memberikan bantuan khusus vaksin-vaksin tersebut.



 







Meskipun mereka masih merasakan kesakitan setelah di beri suntikan imunisasi, perasaan gembira menyelimuti anak – anak sekolah, karena mereka telah mendapatkan kekebalan terhadap penyakit campak dan tetanus. Terima kasih pak,…bu… mudah – mudahan kami senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, sehinga kami dapat mengikuti pelajaran setiap hari, mohon doa semoga kami bisa terus belajar sehingga suatu saat kami bisa seperti bapak dan ibu



Bapak dan ibu mohon maaf yaa,.. kalau tindakan bapak dan ibu menyakiti anak – anak semua, sakit sedikit tidak mengapa tapi kita mendapatkan manfaat seumur hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html